/* Membuat Berita Utama dengan Judul Posting Saja ----------------------------------------------- */

Jumat, 01 Maret 2013

Acara Kebaktian BonaTaon Sidauruk, Boru & Bere/Ibebere 23-24 Feb.2013.

JEB || Membuka tahun 2013 ini, Punguan Raja Toga Sidauruk, Boru & Bere/Ibebere Wilayah VII Tangerang, mengadakan Acara Retreat dan Kebaktian BonaTaon 2013 di daerah objek wisata Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Acara yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu Sabtu dan Minggu tanggal 23-24 Februari 2013 berlangsung sukses dan meriah.

Memang baru pertama kali ini Punguan Raja Toga Sidauruk, Boru & Bere/Ibebere Wilayah VII Tangerang mengadakan acara Kebaktian BonaTaon di luarkota, tetapi antusias dari anggota punguan sangat terlihat gembira.
Meskipun Ketua Panitia Bapak James Mastron Sidauruk dan Wakil Ketua Bapak John Radison Sidauruk tidak dapat hadir dikarenakan istri mereka sedang bulannya untuk melahirkan, tetapi panitia pelaksana dan pengurus harian bahu membahu untuk menyukseskan acara dimaksud.

Ditengah-tengah acara Kebaktian Malam (23/02) Sekretaris Panitia yaitu Bapak Marnaek Sidauruk, Skom., mendadak sakit demam tinggi. Tetapi hal ini tidak diketahui oleh anggota maupun pengurus harian. Semua panitia mengambil alih tugas beliau sehingga acara hiburan yang dilaksanakan malam tersebut berjalan sukses dan cukup meriah. Pada saat acara hiburan tersebut terkumpul dana hasil sumbangan lagu “saweran” sekitar Rp. 850.000,-. Saweran ini tidak termasuk dana “saweran” lagu yang diterima oleh anak-anak dan naposobulung Punguan Sidauruk, ketika .

Pemenang Lomba
Acara demi acara semuanya berjalan tanpa adanya hambatan. Terbukti dengan acara Game Keluarga yaitu permainan Volley dengan bola dari balon yang diisi dengan air. Karena semua keluarga ingin ikut serta, panitia sampai kehabisan balon untuk dijadikan bola. Di pertandingan final antara Kel. Dehmin Sidauruk melawan Kel. St. J. Erwin Butarbutar, pertandingan  terpaksa menggunakan jeruk sebagai pengganti dari balon yang sudah habis. Pertandingan ini dimenangkan oleh Kel. Dehmin Sidauruk  dengan score 2:1.

Berikut hasil akhir pertandingan dan penyerahan hadiah adalah sebagai berikut:
  1. Kel. Bp. Dehmin Sidauruk, diserahkan oleh Bp. Selamat Sidauruk. 
  2. Kel. Bp. St. J. Erwin Butarbutar, diserahkan oleh Bp. Dehmin Sidauruk. 
  3. Kel. Bp. B.Dianto Malau, diserahkan oleh Bp. St. N.Purba. 
  4. Kel. Bp. O. Sidauruk, diserahkan oleh Pdt. S.Sidauruk.

Acara selanjutnya adalah permainan anak dalam bentuk Kuis yang diperuntukkan untuk Anak Sekolah Minggu.

Kemudian di malam hari diadakan Kebaktian Malam yang dikemas/disusun oleh Ny. Nainggolan/St.br.Sidauruk didampingi pembawa acara oleh St. J.E. Butarbutar. Dalam Renungan Malam Ny. Nainggolan/St.br.Sidauruk memberikan pesan “mari kita pupuk dan tingkatkan persaudaraan kita dalam Punguan Sidauruk & Boru Tangerang, tanpa menunggu waktu”.

Setelah acara Kebaktian Malam, acara dilanjutkan dengan Hiburan Malam. Setiap anggota punguan wajib untuk menyumbangkan sebuah lagu. Untuk menghindari anggota tidak bersedia bernyanyi maka Panitia melalui pemandu acara Ny. Nainggolan/St.br.Sidauruk melakukan undian, yaitu menentukan dua pasang keluarga yang menyanyikan sebuah lagu yang dapat dipilih dari Buku Lagu yang sudah disediakan oleh panitia. Meskipun demikian ada keluarga yang meminta untuk bernyanyi hanya satu keluarga saja seperti Bp. St. S.Sidauruk/br.Pasaribu, yang mengawali acara hiburan tersebut dengan lagu “Sepanjang Jalan Kenangan”.

Acara hiburan lagu kemudian disusul oleh kel. Ny. Nainggolan/St.br.Sidauruk berpasangan dengan Pdt. Suandi Sidauruk, STh., dengan membawakan lagu “Si Togol”.  Dimulai dari Ny. St.J.Erwin Butarbutar memberikan saweran maka semua anggota punguan segera bangkit dari tempat duduknya untuk ikut serta memberikan sawerannya.

Antusias dari anggota punguan pada acara hiburan ini cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan melakukan sawer kepada keluarga yang sedang bernyanyi. Demikian juga anggota punguan ikut menari dan manortor mengiringi keluarga yang sedang bernyanyi mendapatkan "saweran". Anggota punguan sambil memberikan sawerannya ikut juga menari dan manortor Melihat kejadian ini panitia tidak tinggal diam, yang mengumumkan bahwa semua “saweran” tersebut sebagai pemasukan panitia. Maka dengan sukarela keluarga yang bernyanyi memberikan “saweran” tersebut kepada panitia yang dikumpulkan oleh Ny. St. J.Erwin Butarbutar/E.N. br.Sidauruk. Melihat bahwa hasil saweran adalah untuk pemasukan kas panitia, maka semua anggota yang duduk ditempat bangkit memberikan sumbangan “saweran”. Acara hiburan malam ditutup tetap jam 24.00 WIB.

Kemudian acara hari Minggu (24/02) diisi dengan Kebaktian Minggu yang dibawakan oleh St. Nommerinson Purba, dan sebagai pembawa renungan/khotbah yaitu Bapak Pdt. S. Sidauruk, STh., dari Gereja Sidang Rahmani Injili. Firman Tuhan diambil dari Mazmur 133 : 1-4.  Bapak Pdt. S. Sidauruk, STh., membawakan dengan cukup lugas, dan menekankan bahwa persaudaraan yang indah adalah persaudaraan didalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Kemudian setelah acara Kebaktian Minggu maka dilaksanakan Acara Bona Taon Punguan Sidauruk & Boru Tangerang, diawali dengan pemberian Tudu-tudu Sipanganon dari seluruh Boru kepada seluruh Hula-hula, yang selanjutnya dibalas oleh Hula-hula dengan memberikan Dekke Ikan Mas kepada seluruh Boru di punguan. Acara pemberian tudu-tudu sipanganon ini dilakukan adalah sebagai bentuk ucapan syukur bersama antara hula-hula dan boru, dimana seluruh keluarga di Punguan Sidauruk selalu diberkati oleh Tuhan Yesus Kristus.  Kemudian acara dilanjutkan dengan makan bersama-sama. Acara makan bersama ini bertambah nikmat karena adanya ikan mujahir goreng yang dibeli dipagi harinya oleh  Kel. Tiodin Sidauruk/br.Silalahi ketika pergi mengunjugi waduk Jatilhur.

Sebenarnya pada tahun 2012, acara pemberian tudu-tudu sipanganon dalam bentuk ucapan syukur dan terimaksih juga sebenarnya dilakukan yaitu pada saat pertemuan & kebaktian awal tahun yang saat itu dilakukan dirumah keluarga Bapak St. J.Erwin Butarbutar.

Di Water Boom
Pada saat acara Bonataon ini, dilakukan juga pemilihan pengurus baru. Sebenarnya masa kepengursan pengurs Wilayah VII telah berakhir pada bulan April 2012, tetapi seluruh anggota punguan masih menginginkan pengurus tetap di ketuai oleh Bp. Dehmin Sidauruk. Tetapi mengingat Aturan di Anggaran Dasar dan SK yang diterbitkan oleh DPP Partobuna, dan jabatan Ketua Wilayah hanyalah dapat dijabat oleh seseorang untuk selama 2 (dua) periode, sementara jabatan Ketua Wilayah dijabat oleh Bp. Dehmin Sidauruk sudah sampai 5 (lima) periode. Hal ini yang disampaikan oleh Wakil Sekretaris St. J.Erwin Butarbutar ketika memberikan sambutan di Acara Bonataon tersebut yang menegaskan bahwa pemilihan pengurus baru harus dilaksanakan mengacu kepada aturan didalam Anggaran Dasar Punguan.

Pemilihan Pengurus Baru
Dengan dipandu oleh Wakil Ketua Paniroi DPP, Bapak DR. Ir. Paston Sidauruk, MASp., dan Sekretaris Jenderal DPP Punguan Sidauruk & Boru, Bapak John Sukanto Sidauruk, SH., MH., akhirnya seluruh anggota punguan pada saat itu dapat menyetujui diadakan pemilihan pengurus baru.  

Pemilihan pengurus baru menampilkan 3 (tiga) figur yang dianggap paling tepat untuk menduduki jabatan ketua wilayah, yaitu :
  1. Bapak Tiodin Sidauruk / L. br.Silalahi.     -  Tuntang.
  2. Bapak Selamat Sidauruk / K. br. Purba   -  Cengkareng.
  3. Bapak Limmer Sidauruk / I. br. Purba     -  Taman Royal.
Hasil aklamasi dari seluruh anggota sebenar menginginkan Bapak Tiodin Sidauruk yang menjadi Ketua Wialyah, tetapi berhubung beliau menolak menjadi ketua dan hanya bersedia di jabatan Wakil  Ketua, demikian juga Bapak Selamat Sidauruk yang juga menolak jabatan ketua karena kesibukannya, maka hasil pemilihan pengurus wilayah Tangerang adalah :
  • Ketua Wialayah :  Limmer Sidauruk,
  • Wakil Ketua      :  Tiodin Sidauruk.

Selanjutnya susunan kepengurusan diserahkan kepada Ketua Wilayah untuk melengkapinya, dan serahterima jabatan akan dilaksanakan pada pertemuan bulan/arisan pada tanggal 24 Maret 2013.
Setelah selesai acara tersebut sekitar jam 14.00 WIB, acara ditutup dengan Doa Bersama yang dipimpin oleh Bapak John Sukanto, kemudian seluruh rombongan bersiap-siap untuk kembali kerumah masing-masing di Tangerang. Tetapi sebagian besar anggota rombongan masih melanjutkan acara yaitu mengunjungi water boom dan mengunjungi waduk Jatiluhur.

Beberapa catatan penting didalam acara Bonataon 2013 ini adalah :
  1. Anggota rombongan tidak berangkat bersama-sama, sehingga ketika sudah sampai ditempat wisata waduk Jatiluhur tidak ada dilakukan doa bersama untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan.
  2. Acara makan siang yang sudah dipersiapkan oleh panitia pada jam 13.00 WIB, akhirnya anggota rombongan makan masing-masing tanpa adanya pemandu untuk doa makan.
  3. Kurang kesiapan panitia/seksi konsumsi dalam pengadaan air minum mineral. Hal ini terlihat pada saat hendak makan siang maupun pada acara selanjutnya selalu seksi konsumsi pergi dari lokasi untuk membeli air minum.
  4. Demikian juga pada saat penataan tempat acara Kebaktian dan hiburan, seksi acara tidak memahami seluruh bungalow/villa yang dipesan.
  5. Seksi Konsumsi tidak menyediakan minuman kopi/teh maupun snack untuk acara hiburan malam.
  6. Tidak ada koordinator membawa anak-anak untuk berenang di kolam renang, yang sudah masuk dalam fasiltas bungalow.
  7. Tidak semua anggota punguan membawa serta anak-anaknya sehingga yang seharusnya sebagai sarana untuk saling mengenal tidak tercapai.

Daftar nama anggota Punguan Sidauruk yang ikut :
  1. Kel. Dehmin Sidauruk, 2 orang anak.
  2. Kel. Limmer Sidauruk, 2 orang anak.
  3. Kel. Tiodin Sidauruk.
  4. Kel. Paston Sidauruk.
  5. Kel. Suparman Sidauruk.
  6. Kel. John Sukanto.
  7. Kel. Selamat Sidauruk.
  8. Ny. K. Sidauruk/br.Hutagaol.
  9. Kel. Hotman Sidauruk (hanya Bapak saja).
  10. Kel. Sandy Sidauruk, dan orangtua.
  11. Kel. Marnaek Sidauruk, dan 1 orang anak, 1 orang adik.
  12. Kel. Ojahan Sidauruk, 3 orang anak.
  13. Kel. Sidauruk-Cengkareng, 2 orang anak.
  14. Kel. St. Adjain Ambarita, 3 orang anak, Bapak tidak ikut.
  15. Kel. St. J.Erwin Butarbutar, 1 orang anak.
  16. Kel. St. Nomerinson Purba, 2 orang anak, Istri tidak ikut.
  17. Kel. St. Nainggolan, hanya ibu yang ikut.
  18. Kel. Eledon Purba, 2 orang anak, Bapak tidak ikut.
  19. Kel. Ny. St. Jansen Purba, hanya Ibu yang ikut.
  20. Kel. Sahat Tua Sihotang, 2 orang anak, Bapak tidak ikut.
  21. Kel. Johnson Nainggolan, hanya Ibu yang ikut.
  22. Kel. Dianto Malau, 4 orang anak.
  23. Kel. Purba/br.Sidauruk (penganten baru).


Susunan Panitia Acara BonaTaon 2013:
Ketua         :   James Mastron Sidauruk / M. br. Lubis.
Wakil          :  Limmer Sidauruk / I. br. Purba.
Sekretaris   :  John Radinson Sidauruk /  D. br. Purba.

Bendahara :  Sandy Sidauruk / B.J. br. Sagala.

Dibantu seksi-seksi :
  1. St. Nomerinson Sidauruk.
  2. Ny. B. Nainggolan / St. N. br. Sidauruk.
  3. Ny. St. J.E. Butarbutar / E.N. br. Sidauruk.
  4. Ny. B. Dianto Malau / M. br. Sidauruk.
  5. Naposobulung Sidauruk.


 ___________
 


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Formulir Sensus & Data Ulang

    Jika menginginkan Pendaftaran On-Line, maka Klik dari sini.

    (Syarat dan Ketentuan berlaku).

    Panduan Pengisian:

    1. Harus mempunyai email.

    2. Semua kolom yang bertanda * harus diisi.

    3. Untuk panduan kolom arahkan pointer ke O dan dibaca.

    4. Jika gagal maka lihat pesan yang ditampilkan.