/* Membuat Berita Utama dengan Judul Posting Saja ----------------------------------------------- */

Minggu, 05 Februari 2012

Acara Partangiangan Bona Taon 2012

.
Sidauruk Cabang Tangerang

Acara Partangiangan Bona Taon Punguan Toga Sidauruk, Boru & Bere Cabang Tangerang Raya, dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Januari 2012 bertempat di rumah keluarga St. J. Erwin Butarbutar (JEB) / Emma N. br. Saragih Sidauruk.


Acara yang sebenarnya adalah kegiatan bulanan/arisan, tetapi dari pihak tuan rumah yakni keluarga St. JEB, acara Arisan tersebut ditumpangi dengan Acara Partangiangan Bona Taon. Cukup mengagetkan para "Hula-Hula" Raja Sidauruk, karena dari awal keluarga St. JEB tidak memberikan informasi sebelumnya. Sehingga acara yang diketahui oleh "hula-hula" adalah acara arisan biasa ternyata ada acara yang dikemas yaitu "acara Partangiangan Taon Baru" dan acara  "Selamat Taon Baru dari Boru kepada Hula-hula". Sangat mengagetkan. Kebetulan Ketua Punguan Sidauruk Cabang Tangerang, Bapak Dehmin Sidauruk juga mengikuti acara Bona Taon Panjaitan Sejabodetabek dan sorenya harus mengikuti Rapat Pemilihan Pengurus Punguan Sidauruk, Boru, Bere Sejabodetabek di Jakarta. Maka ketika sampai jam 14.00 WIB belum ada datang Pengurus Punguan, anggota yang marga Sidauruk menjadi gelisah karena keluarga St.JEB menyampaikan kepada Bapak Rodlen Sidauruk dan Selamat Sidauruk, bahwa ada acara yang berbeda dari arisan yang biasa setiap bulannya.

Acara partangiangan Bona Taon pada umumnya sebenarnya adalah untuk mengucapkan dan memanjatkan segala pujian syukur kepada Tuhan karena sepanjang tahun 2012, semua anggota Punguan dan Punguan sudah diberkati dan disertai oleh Bapa di Surga di dalam segala kegiatan, pekerjaan, dan telah diberikan kesehatan. Sehingga tidaklah salah kalau kita mengucapkan syukur kepada Bapa di Surga, dan demikian juga kepada "Hula-hula Sidauruk" yang sudah "maniroi boru ni punguan" sepanjang tahun 2012. Meskipun Ketua Punguan berhalangan hadir karena ada acara yang sama, tetapi tidak ada masuk lain dari kami sekeluarga atau dari kami boru untuk maksud tertentu, dan kami hanya berdiskusi hanya dengan boru yaitu keluarga M.Sihotang tanpa berdiskusi dengan boru yang lain. Inilah kata pembukaan dari St.JEB sebagai melapis acara Partangiangan Bona Taon 2012. Memang sebelumnya di bulan Nopember 2011, Ny. St.JEB/Emma br.Sidauruk, menyampaikan bahwa arisan bulan Januari 2012 dilaksanakan dirumahnya, dan memohon kepada seluruh hula-hula untuk hadir nantinya, karena akan memberikan surprice kepada "hula-hula"-nya, "tersirat tapi tidak tersurat", dan segala sesuatu yang diperlukan untuk acara Selamat Tahun Baru sudah kami pikirkan sebelumnya, demikian St. JEB menambahkan.

Boru menyerahkan Tudu-tudu Sipanganon
Selanjutnya acara Selamat Tahun Baru dari Boru Punguan Sidauruk Tangerang, kepada Hula-hula Sidauruk dengan menyerahkan "tudu-tudu sipanganon" kepada Hula-hula, dilanjutkan dengan "Hula-hula" menyerahkan "Dekke" kepada "Boru". Acara dilanjutkan dengan makan bersama, dengan doa makan diserahkan kepada boru yang dibawakan oleh St. JEB.

Acara makan bersama diisi dengan organ tunggal dengan artis dadakan seperti  Bapak Mastron James Sidauruk, Bapak Marnaek Sidauruk, Ibu Ny.M.Sidauruk/L.br.Pardede, Ibu Ny.A.Ambarita/br.Sidauruk, yang membawakan lagu-lagu Batak, seperti Boru Panggoaran, Uju Dingolukhon Ma Nian, Boru ni Raja, Soripada Naburju, dan lainya.

Boru Sidauruk Menerima "Dekke"
Setelah acara makan bersama kemudian dilanjutkan dengan acara Kebaktian Syukur, yang dibawakan St. J.Erwin Butarbutar sebagai MC. Didalam Acara Kebaktian diadakan acara Sambutan Selamat Tahun Baru dari Boru Sidauruk yang disampaikan oleh Bapak Jamarlon P. Malau/Elfrida br.Sidauruk (Anggota Baru sejak Januari 2012), Ibu Ny.Ambarita, Bapak M.Sihotang dan St.J.Erwin Butarbutar.

Sambutan Selamat Tahun Baru dari Hula-hula Sidauruk disampaikan diawali dari Ny.T.Sidauruk/br.Silalahi, Ibu Ny.Selamat Sidauruk/br.Purba, Ibu Ny.St.Djarintjen Sidauruk/br.Purba, selanjutnya oleh Bapak Sidauruk/br.Sagala (Anggota baru sejak Januari 2012), Bapak Selamat Sidauruk, Bapak Limmer Sidauruk mewakili Pengurus Cabang Tangerang, dan selanjutnya oleh Bapak John Sukanto Sidauruk selaku pengurus Jabodetabek.

Setelah acara kata sambutan dan selamat tahun  baru, acara ditutup dengan Renungan Awal Tahun dibawakan oleh St. Suparman Sidauruk.

Renungan dibawakan:
Bapak St. Suparman Sidauruk
Meskipun acara partangiangan Bona Taon yang dimasukkan ke dalam kegiatan bulanan punguan/arisan yang direncanakan mulai jam 13.00 WIB sesuai dengan undangan via SMS dan posting di web "Punguan Sidauruk Cabang Tangerang" maupun via FaceBook, mundur sampai jam 15.00 WIB, namun karena keluarga St. J.Erwin Butarbutar menyediakan Organ Tunggal lengkap dengan pemainnya yaitu Bapak Ir. D.Sianturi, maka sambil menunggu anggota yang lain hadir (memang kebetulan hujan turun), anggota yang hadir mengisi acara dengan bernyanyi bersama dalam suasana live music.

Acara tersebut meninggalkan seribu satu kesan di hati masing-masing anggota punguan yang menghadirinya. Kiranya untuk selanjutnya Punguan Sidauruk  semakin kuat dan semakin kokoh, dan diberkati Bapa di Surga sehingga dapat menjadi satu punguan marga yang dapat dibanggakan di tanah perantauan.

Lihat : Gallery Foto
------------
St. JEB

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Formulir Sensus & Data Ulang

    Jika menginginkan Pendaftaran On-Line, maka Klik dari sini.

    (Syarat dan Ketentuan berlaku).

    Panduan Pengisian:

    1. Harus mempunyai email.

    2. Semua kolom yang bertanda * harus diisi.

    3. Untuk panduan kolom arahkan pointer ke O dan dibaca.

    4. Jika gagal maka lihat pesan yang ditampilkan.